Rabu, 10 Februari 2010

BONUSPULSA vs DBS dan FLEXTER

Bisnis pulsa sedang marak akhir-akhir ini. Baik dalam bentuk jaringan ataupun murni penjualan pulsa. Saya disini sangat tertarik membhas bisnis pulsa yang melakukan sistem marketing jaringan.

Setelah saya melakukan browsing, saya menemukan beberapa bisnis pulsa jaringan bahkan sangat marak diperbincangkan. Bisnis pulsa jaringan yang akan saya bahas disini adalah BonusPulsa, DBS, Flexter. Dimana perlu diketahui bahwa saya mengikuti bisnis jaringan BonusPulsa. Maka dari itu saya akan melakukan compare antara BonusPulsa dengan DBS dan Flexter.

sebelum melakukan pembahasan tersebut, saya akan menanggapi sedikit temuan yang sebenarnya sudah lama, tetapi baru kali ini saya ingat akan membuat tulisan mengenai hal tersebut. Saya tertarik dengan pembahasan GUSKUN tentang "Memilih Bisnis Pulsa Isi Ulang". Di dalam artikel yang dibuat GUSKUN tersebut perbandingan 3 bisnis jaringan pulsa terbersar yaitu BonusPulsa, Dynasis dan V-net. Dimana saya kurang setuju dengan perbandingan antara BonusPulsa dan Dynasis, karena menurut saya BonusPulsa dan Dynasis tidak bisa dibandingkan seperti apa yang ditulis oleh GUSKUN. BonusPulsa adalah bisnis jaringan pulsa berbayar, sedangkan Dynasis adalah gratis dan murni viral marketing. Tentu saja kalau dibandingkan masalah harga, Dynasis pasti kalah karena pendapatan Dynasis murni dari transaksi isi pulsanya. Lagi pula bonus dari isi pulsa Dynasis jauh lebih gede dibandingkan BonusPulsa. Dynasis bonus transaksinya bervariasi dari Rp. 25,- s/d Rp. 270,- sedangkan BonusPulsa Rp. 20,- s/d Rp. 40,- ini sangat mempengaruhi harga. Dan satu yang perlu diingat, Dynasis bertujuan hanya untuk mengembangkan jaringan melalui viral marketing, jadi bulsanya bukan dijual lagi, hanya untuk isi pulsa pribadi kita saja. Untuk pembahasan Dynasis akan saya bahas dalam artikel saya selanjutnya, karena sudah banyak perubahan sisitem di Dynasis, tidak seperti yang dituliskan GUSKUN tempo dulu.

Jadi untuk pembahsan kali ini saya akan membandingkan antar sesama bisnis jaringan pulsa berbayar.

BERDASARKAN MARKETING PLAN

Bonus Pulsa biaya pendaftaran adalah Rp 69.000,- mendapatkan deposit sebesar Rp 15.000,- dengan perincian bonusnya adalah bonus sponsorisasi Rp 10.000,- , bonus perkembangan jaringan level 1 s/d 4 adalah Rp 3.000,- level 5 s/d 10 adalah Rp 2.000,- , bonus transaksi isi pulsa level 1 s/d 5 adalah Rp 40,- level 6 s/d 10 adalah Rp 20,-. Disamping itu ada juga bonus reward dengan pencapaian tak terbatas yaitu level 5 sempurna sampai 10 sempurna dari handphone sampai mobil. Sistem matrix spilover 3x10

Duta Bisnis School (DBS) biaya pendaftaran Rp 200.000,- (saya tidak menemukan keterangan mendapatkan deposit berapa bila mendaftar) dengan rincian bonus adalah subsidi sponsorisasi rp 20.000,- ,subsidi pasangan adalah Rp 30.000, (Rp 22.500,- cash + Rp 7.500,- pulsa), subsidi titik Rp 1.000,- ,subsidi generasi duplikasi adalah Rp 2.000,- , royalti isi pulsa adalah Rp 10,- , subsidi prestasi adalah polis asuransi s/d rumah mewah. Sistem spilover 2x20 (pengembangan jaringan) dan 2x10 (transaksi)

Flexter biaya pendaftaran Rp 97.500,- mendapatkan deposit pulsa Rp 10.000,- dengan rincian bonus adalah bonus sponsorisasi Rp 50.000,- , bonus pasangan Rp 27.500,-, bonus duplikasi Rp 1.000,- sampai level 6, sharing pulsa 10%xprofit:jumlah member, bonus tahunan Rp 6.000,- sampai 10 generasi.


BERDASARKAN HARGA PULSA

Saya akan ambil Simpati, Mentari, XL masing - masing pulsa 5RB, 10RB dan 50RB


Dari marketing plan tersebut kita akan analisa mana yang menguntungkan untuk kita. Perlu diketahui, marketing plan tersebut saya ketahui dari website masih masing bisnis jaringan pulsa tersebut yaitu www.bonuspulsa.com , www.duta4future.com dan www.goflexter.com .

ANALISA

Bila dilihat dari harga pulsanya dan diperhitungkan dengan bonus transaksi yang didapatkan, maka tentunya kita memilih Bonus Pulsa, karena pulsa paling murah diantara 3 bisnis jaringan pulsa diatas dan bonus transaksinya yang paling besar (maaf untuk flexter susah dianalisa berapa keuntungan perusahaan, jadi diabaikan)

Bila dilihat dari marketing plan kita harus analisa lebih dalam.

Biaya pendaftaran bonus pulsa paling murah diantara lainnya, tetapi bonus sponsorisasinya paling sedikit, dimana DBS Rp 20.000,- dan flexter Rp 50.000,- . Tentunya kita akan memilih biaya pendaftaran paling murah atau setidaknya masuk akal. Tentu saja DBS jauh dari pikiran kita, dengan pendaftaran Rp 200.000,- harga pulsa yang lumayan mahal dan bonus sponsorisasi terlalu murah Rp 20.000,- terlalu njomplang tentunya.

Jadi pilihan jatuh pada Bonus Pulsa dan Flexter. Lalu pilih mana antara bonus pulsa dan flexter, kita harus analisa lagi lebih jauh.

Pendaftaran Bonus Pulsa Rp 69.000,- tersebut bisa di lihat berapa sih sebenarnya aktual yang masuk ke perusahaan yaitu dibagi untuk deposit adalah Rp 15.000,- (hak kita), di berikan kepada sponsor kita Rp 10.000,- , diberikan ke jaringan adalah Rp 24.000,- [ (4x3000) + (6x2000)] . Sisanya adalah untuk perusahaan adalah Rp 20.000,-

Pendaftaran flexter Rp 97.500,- bisa di perinci sebagai berikut, deposit Rp 10.000 (hak kita), diberikan ke sponsor kita Rp 50.000,- , diberikan ke jaringan adalah Rp 6.000,- (6x1000). Sisanya adalah Rp 31.500,- . Ingat masih ada bonus pasangan yah. Setiap ada 2 member yang mendaftar bila berpasangan kiri dan kanan, maka perusahaan akan mengeluarkan Rp 27.500,- dimana perusahaan akan mendapatkan Rp 63.000,- (2x31500). Anggap saja semua berpasangan terus, sehingga perusahaan mendapatkan pemasukan sebesar Rp 35.500,- (Rp 63.000 - Rp 27.500). Bonus tahunan sebesar Rp 6.000,- setiap titik saya abaikan, karena pendapatan ini datangnya 1 tahun sekali.

Jadi uang yang masuk ke perusahaan, pada bonus pulsa lebih kecil dibandingkan dengan pada flexter. Logika berpikir kita seharusnya mengatakan semakin besar pemasukan ke perusahaan maka semakin bagus pelayanan dan semakin murah harga pulsanya. kalau pelayanan akan susah di bandingkan karena kita harus mengikuti programnya dulu baru tahu pelayanannya. Maka kita lihat harga pulsanya, ternyata harga pulsa lebih murah bonus pulsa di bandingkan flexter.

Dari analisa diatas, maka jelas banget bahwa jawaranya adalah bonus pulsa. Dan kebetulan saya sudah merasakan pelayanan dari bonus pulsa... ruaaaarrr biasa keren pelayanannya.

Semoga analisanya tidak membingungkan bagi anda semua. Kalau anda kurang cocok dengan analisa saya silahkan berikan komentar.


Sumber : Nunung Anas Azhari - www.ngerumpibisnis.blogspot.com

2 komentar:

  1. Blogwalking Bos..

    Moga dagangannya sukses dan lancar jaya selalu..


    Salam kenal ya,
    Jual Pulsa Murah

    BalasHapus
  2. @ pulsa-24 | Salam kenal dan Amiiin...! Sukses bersama.

    BalasHapus